@KopoBDG BanDunG

Pages

Pages

Silakan Lihat juga :

Cari Hotel di Bandung - villa di lembang

Cari Hotel di Bandung sesuai dengan pilihan anda : Villa Istana Bunga Lembang - Bandung  Villa Istana Bunga Lembang Sewa Vill...

Apa itu Kopo ?

Tahu apa arti Kopo?
"Hahaha. Maceeet, ya?"

Bukan. Kopo adalah pohon jambu kopo yang tinggi pohonnya dapat mencapai 20 meter, dengan cabang-cabangnya yang kuat berwarna cokelat kemerahan. Daunnya sepintas seperti jambu aer (jambu air). Bunganya terletak di ranting, tetapi kadang tumbuh di ketiak daun paling atas dan bunganya bercabang. Tabung kelopaknya berwarna merah, tajuknya putih agak merah. Tangkai sari sebelah bawah berwarna merah dan sebelah atas berwarna putih. Bunganya muncul sepanjang tahun, demikian pula buahnya. Sayang, buahnya tidak enak dimakan.

Batangnya besar, namun bengkok-bengkok, sehingga tidak dimanfaatkan untuk bahan bangunan. Kulit kayunya dapat digunakan sebagai bahan pewarna hitam atau cokelat.

Anak-anak tahun 1960-an, suka berguyon dengan nyanyian yang mirip teriakan. Apa maksud nyanyian itu dan kepada siapa ditujukan, kadang tak jelas. Boleh jadi saat ini penyakit congek masih banyak diderita masyarakat, sehingga kalau berdekatan akan tercium bau busuk yang menyengat. Itulah sebabnya yang kopok atau congek tak perlu diundang, sehingga ada dampak bagi si penderita untuk segera pergi ke klinik (sekarang puskesmas). Anak-anak berteriak-teriak dengan melagukan:

Kopo kondang
Kopo kondang
Nu kopok
Ulah di undang.
Kopo kondang
Kopo kondang
Yang congek
Jangan diundang.

**

Secara umum dikenal empat jenis kopo, yaitu:

1. Eugenia cymosa LAMK. Di Jawa Barat dikenal dengan nama kopo atau ki sireum. Sedangkan di Jawa Tengah dan Jawa Timur disebut manting. Tanaman ini tersebar di seluruh Pulau Jawa pada ketinggian di bawah 1.200 m dpl., yaitu di hutan campuran. Tinggi pohon bisa mencapai 20 meter dengan gemang 85 cm. Pada tahun 1920-an, di Palabuanratu, kulit kayunya digunakan untuk menyelup kain atau benang menjadi warna hitam.

2. Eugenia subglauca. Tanaman ini asli Pulau Jawa yang tumbuh di bawah ketinggian 300 meter dpl. Di Jawa Barat tanaman ini disebut kopo, kopo laut; di Jawa Tengah dan Jawa Timur dikenal sebagai jembluk, jembluk krikil, klampok watu. Sedangkan di Madura disebut klampok. Tanaman ini tersebar di Pulau Jawa, tumbuh di hutan-hutan, terutama di sepanjang aliran sungai. Bila daunnya diremas-remas akan mengeluarkan aroma wangi. Buahnya berwarna hijau kekuningan, rasanya manis sepet, tetapi biasa dimakan walau kurang enak. Masih dapat ditemui di pinggir Cisukawayana - Cikakak - Palabuanratu, Kab. Sukabumi, atau di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

3. Eugenia jamboloides. Di Pulau Jawa tanaman ini disebut kopo mangud, resep, atau risep. Sedangkan di Madura disebut klampok bato, resek. Tumbuhan ini tersebar di seluruh Pulau Jawa, paling umum terdapat di Jawa Tengah. Kulitnya banyak digunakan untuk menyelup kain atau benang menjadi warna hitam. Tahun 1920-an diketahui banyak pohon ini yang kulitnya dikelupas untuk bahan celup, namun luka-luka di kulitnya itu cepat pulih.

4. Eugenia densiflora. Di Tatar Sunda, jambu ini disebut kopo, kopo kalay, kopo badak atau petag. Kopo jenis ini tumbuh di Pulau Jawa, namun sebagian besar tersebar di Jawa Barat, tepatnya di hutan-hutan dengan ketinggian di bawah 1.500 m dpl. Pohon ini tingginya bisa mencapai 20 meter dengan gemang 30 cm. Pada tahun 1920-an diketahui, di Bogor, bunganya dijadikan lalapan, dimakan dengan sambal. Walau kurang enak, buahnya yang matang bisa dimakan. Kulitnya digunakan untuk menyelup kain atau benang menjadi warna cokelat. Di Taman Nasional Ujung Kulon terdapat kopo jenis ini.

Disadari, bahwa karena buahnya kurang enak dimakan, serta bahan penyelup kimiawi dengan berbagai macam warna merajai pasaran, maka pohon kopo semakin kurang diminati untuk sengaja dibudidayakan. Saat ini pohon kopo tumbuh alami di hutan-hutan campuran, atau di pinggir-pinggir sungai.

Belum pernah terdengar ada penelitian tentang kandungan manfaat lainnya dari jambu kopo ini, sehingga menambah lengkap syarat-syarat kemusnahannya.

Di cekungan Bandung, nama kopo sudah sangat populer karena kemacetannya. Di Jawa Barat banyak sekali daerah yang menggunakan kata kopo, seperti Cikopo. Oleh karena itu, jangan dilihat dari sisi enak dan tidak enak rasa buahnya, namun nama buah jambu hutan itu telah menjadi nama tempat, maka kewajiban kitalah untuk menanam kembali pohon kopo.

Tampaknya Bandung sudah pantas memiliki taman hutan raya khusus tanaman langka yang namanya diabadikan menjadi nama tempat. Bila itu terwujud, akan menjadi pusat wisata pendidikan dan sumber belajar yang akan banyak dikunjungi wisatawan dan pelajar bila dikelola dengan baik. Tentu, pemasukan ke kas daerah pun akan jauh lebih banyak ketimbang membangun satu buah mal!***


T. Bachtiar, anggota Masyarakat Geografi Indonesia dan Kelompok Riset Cekungan Bandung.



x




pilkada jabar, PILGUB JABAR 2018, pilkada JABAR 2018, pilkada 2018, gubernur JABAR 2018, gubernur JABAR, pilpres, calon gubernur JABAR 2018, pemilu 2018

BANDUNG INFO

BANDUNG INFO-Seputar Kopo


KONTES SEO LAIN :
Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1
Promo Kartu Member Indomaret Minimarket Waralaba Indonesia
Laku.com belanja online grosir eceran murah dan aman

Top in Blog

community


Jual Mobil Seken | Bursa Mobil Bekas PROMOSI OTOMATIS DI TWITTER


Lazada Indonesia




InFO BanDunG - News Update Terkini





PR Bandung Raya







PRFM News Channel's


InFO BEKaSI Bogor Sukabumi Cianjur Cirebon Majalengka Sumedang Tasik Ciamis













Lazada IndonesiaLazada Indonesia



.TUNE UP Mobil Inject -> @ BENG AUTO Jl Ibrahim Aji | Terbatas -

Cari Mobil Toyota


toyota bandung, toyota yaris, toyota avanza, toyota fortuner, toyota rush, toyota alphard, bandung

HarGA Toyota BanDunG


WISATA | KULINER | FASHION

InFO BDG

Bikin Web Top Ten in Google


Wisata Alam


info bandung, bandung info, bandung, infoInfo lengkap tempat wisata di BDG dan sekitarnya.
More Info....


Kuliner


bandung, info, kulinerTemukan makanan dan tempat makan yang enak di wisata kuliner.
More Info....


Fashion


info bandung, bandung info, bandung, info, fashionFact0ry Outlet dan Distro di Kota Fashion di Indonesia.
More Info....


Info Lain


info bandung, bandung info, bandung, info, wisataCari info-info lain seputar BDG yang anda butuhkan.
More Info....

INFO BDG - WISATA - KULINER - FASHION

sewa villa di lembang
villa istana bunga
villa di bandung
villa di lembang
villa istana bunga
atap buka tutup
sunlouvre
vimax bandung
vimax murah di bandung
vimax asli bandung

Web Directory




Promosikan Produk Kuliner dan Tempat Kuliner di BDG :

Kuliner BanDunG - Produk BanDunG - Check it out! - Contact : 081313640180

Category

- Jasa SEO (2) - Jasa SEO di Bandung (2) Affiliate Program (1) backlink (1) BAJU KOREA (3) baju lebaran (2) baju lebaran BANDUNG (1) baju muslim bandung (1) Balon Dekorasi (6) Balon Dekorasi Ulang Tahun (1) BANDUNG (2) bandung event (2) bandung info (13) basajan yoghurt (1) Belajar SEO (1) belanja online (2) bengkel motor yamaha (1) berita bandung (1) Bikin Web (8) bikin website (2) BIZPARK (1) blogging (2) broker property (3) buat website (1) busana muslim (2) busana muslim bandung (1) cari backlink (1) CATERING BANDUNG (1) CATERING MURAH DI BANDUNG (1) century 21 (1) century21 (3) Community Development (2) Consultant and Training (1) Dekorasi Ulang Tahun (1) diskon lazada (1) DOMAIN HOSTING (1) fashion bandung (4) Fashion Murah Berkualitas (1) Gerakan Penghematan Nasional (1) GROSIR BAJU KOREA (2) iklan baris (2) INFO HOTEL di BANDUNG (1) internet (2) Istana Bunga Lembang (1) Jadwal Imsyakiah (1) Jadwal Puasa Ramadhan 1433 h (1) jASA pEMBUATAN wEBSITE (5) JASA SEO (4) JASA SEO di BanDunG (5) Jasa website (1) jual beli rumah (2) Jual Gamis Lebaran (2) jual rumah di kopo bandung (16) KATAPANG SQUARE (1) Kitchen set Bandung (1) Kitchen set Minimalis Bandung (1) kopo bandung (9) kopo macet (5) KOPO SAYATI (2) KOPO SQUARE (1) kuliner bandung (3) Kursus Online (1) Kursus SEO (1) Lazada Affiliate Program (1) LEESHOP - Fashion Murah Berkualitas (2) MIKO MALL (1) Motor matic injeksi irit harga murah – Yamaha Mio J (3) MoToR Murah (1) murah (1) network blog (1) PETA (1) pnpm (2) PREANGER Newsletter (2) PREANGER SLIDESTORY (1) produk bandung (3) program afiliasi Lazada (1) Promo Online (7) PROMO TWITTER OTOMATIS (1) Pusat Grosir Busana Muslim Anak (2) Ramadhan 1433 h (2) rumah dijual (2) SANDING (1) Search Engine Optimizations (2) SEO (9) SEO Services (2) Sepeda Motor Bebek Injeksi Kencang dan Irit Jupiter Z1 (1) shasha legging (2) sms gratis (1) Social Bookmark (1) Softaculous (1) sosial bookmark (2) SSL Certificate (1) submit (4) Support The UnSecureD (1) surade (1) Toko Belanja Online (1) toko online (1) tol soroja (1) TOP TEN IN GOOGLE (9) Toyota (1) toyota Bandung (1) Toyota Yaris (1) Tutorial SEO (1) tweet otomatis (2) ulang tahun (1) Villa (1) villa di bandung (1) villa di lembang (1) Villa Istana Bunga (1) villa murah di lembang (1) WEBHOSTING MURAH (1) Webprofile (2) wisata bandung (4) wisata kuliner (2) yamaha (1) yamaha motor bandung (1)

WISATA BANDUNG

Bandung menjadi tujuan wisata yang paling banyak digemari oleh seluruh lapisan masyarakat, karena dengan wilayahnya yang dikelilingi oleh p...

ISTANA BUNGA VILLA